Beranda Referensi Begini Cara Naik KRL Pake LinkAja

Begini Cara Naik KRL Pake LinkAja

76
2

Kamu sudah instal LinkAja? Aplikasi dompet digital (e-wallet) besutan sinergi beberapa BUMN ini kini dapat digunakan untuk naik Commuter Line (KRL). Sejak diluncurkan 30 Juni 2019 aplikasi LinkAja bisa digunakan untuk pembayaran di merchant-merchant yang telah bekerja sama, pembelian pulsa sampai dengan pembayaran tagihan-tagihan. Saat ini penggunaan LinkAja untuk naik KRL masih dalam tahap uji coba.

Baca: Apa itu LinkAja?

Berbeda dengan tiket KRL yang berbentuk kartu seperti Kartu Multi Trip (KMT), atau Tiket Harian Berjaminan, LinkAja harus menggunakan smartphone pengguna karena bentuknya aplikasi android atau iOS. Penumpang milenial jelas punya smartphone sehingga dengan inovasi ini smartphone bisa digunakan sebagai tiket saat naik KRL.

Berikut cara naik KRL pake LinkAja.

Pertama yang harus kamu lakukan adalah instal Aplikasi LinkAJa dari Play Store (Android) atau App Store (iOs) dan isi saldonya minimal Rp 13.000. Pastikan juga kamu udah punya akun link aja ya.

Baca: Cara Daftar, Aktivasi dan Pakai Aplikasi LinkAja

Kedua, silakan buka Aplikasi LinkAja dan goyang-goyangkan Hp kamu sehingga muncul QR Saya / My QR. Silakan tap in dengan QR code tadi. Arahkan QR Code yang ada dilayar  ke scanner yg ada di gate. Aplikasi tertutup setelah idle 15 detik. Kalau tertutup, buka lagi dan coba goyangkan serta tap kembali. Gate akan terbuka dan segera masuk untuk perjalanan menggunakan KRL.

Setelah naik KRL dan tiba di tempat tujuan, kamu bisa tap out dan langsung di potong Rp13.000 di LinkAja. Kenapa dikenakan Rp13.000, karena LinkAja mengambil biaya jarak terjauh yaitu Rp.13.000 setelah tap out biaya tersebut akan dikurangi biaya perjalanan misal dari Pasar Minggu ke Jakarta Kota Rp 3.000, setelah tap out saldo di refund atau dikembalikan Rp 10.000.

Pada saat tahap uji coba ini penggunaan LinkAja untuk naik KRL, mungkin terdapat kelemahan yang dijumpai. Seperti Saldo sudah terpotong Rp 13.000 namun tidak ada pengembalian otomatis. Untuk kasus ini kamu bisa melapor ke loket stasiun dan saldo akan dikembalikan sesuai tarif perjalanan kamu. Semoga penggunaan LinkAja sebagai alternatif pembayaran naik KRL ini semakin baik dan memudahkan penumpang KRL.

Demikian artikel Cara Naik KRL Pake LinkAja, tinggalkan komentar ya, dan share jika bermanfaat :).

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini