Beranda Photoshop Tutorial Membuat Blur Background dalam Fotografi + Photosop Action

Tutorial Membuat Blur Background dalam Fotografi + Photosop Action

12
0

Buka foto kamu (Saya menggunakan foto ini). Gunakan tool seleksi apa saja untuk menyeleksi bagian objek yang tidak diblur. Saya menggunakan Magnetic Lasso Tool dengan opsi Refine Edge (Select > Refine Edge). Seleksi yang presisi sangat penting untuk membuat Photoshop action-nya.

select object precise selection

Buat Layer baru dan warnai seleksi dengan warna apa saja, usahakan gelap, gunakan Paint Bucket Tool (G). beri nama layer dengan masking 1.

paint a mask for action

Buat Layer baru di bawah layer tadi dan warnai dengan warna gradien hitam dan putih, gunakan Gradient Tool (G). Bagian berwanra hitam akan tetap tajam (tidak blur) dan bagian putih akan kita buat blur. Sedangkan bagian abu-abu antara hitam dan putih akan menjadi transisi dari tajam ke blur. Atur angel dan posisi yang diinginkan. Beri nama layer dengan masking 2.

create gradient mask

Klik di luar layer, buka panel Actions (Windows > Actions) dan klik ikon kartu putih untuk membuat action baru. Beri nama, dari sekarang aktivitas akan mulai direkam.

create new action

Klik Image > Image Size dan buat lebar image menjadi 5000 px.

change image size

Seleksi semua bagian kanvas (Control-A), dan klik Edit > Copy Merged (Control-Shift-C). Pilih tab Channels, Create a New Channel, dan paste seleksi. Kembali ke RGB channel dan buka tab Layers.

create alpha channel

Sembunyikan kedua mask tadi. Pilih Layer background dan Duplikasi (Control-J). Lalu buka Filter > Blur > Lens Blur. Windows baru akan muncul. Atur Source menjadi Alpha 1, yaitu nama channel yang kita buat tadi. Lalu atur sesuai dengan kbutuhan.

add lens blur

Background sudah blur, tapi objek masih belum terlihat alami. Untuk membuatnya lebih alami. Tahan Control dan klik mask 1 untuk membuat seleksi. Klik Select > Modify > Expand dan Expand by 10 px.

expand selection

Pilih background yang sudah duplikat tadi dan pilih Layer > New > Layer via Copy untuk menduplikasi seleksi. Pilih Filter > Blur > Gaussian Blur. Atur blur dengan hati-hati karena berkaitan dengan objek yang menjadi fokus.

add gaussian blur

Sekarang tahan lagi Control dan buat seleksi pada layer, pilih Select > Modify > Contract dan Contract by 15 pixels. Jika kamu Klik Delete kamu akan menghilangkan blur pada objek sehingga akan tampak lebih alami.

contract selection

Ada sedikit masalah, pada objek terlihat masih ada blur, untuk merapikannya tampilkan mask 2 sementara dan buka tab Channels. Gunakan tombol Control untuk membuat seleksi pada layer RGB channel, dan kembali ke layer, Sembunyikan masking, dan klik New Layer Mask pada Layer 1.

select rgb channel
add layer mask

Terakhir, Klik Stop Recording untuk menyimpan Action.

stop recording the action

Jika ingin menggunakan action yang tleah kita buat, cukup buat dua masking seperti dijelaskan di langkah awal dan klik play pada tab action. Photoshop akan mengulangi langkah-langkah kita tadi, otomatis membuat background foto menjadi blur ala-ala bokeh di dunia fotografi. Menarik bukan?

Tertarik untuk mencoba? jangan lupa tinggalkan komentar dan bagikan jika bermanfaat :).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini